Jumat, 28 Oktober 2011

Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dengan Disiplin Belajar

ABSTRAK

DIAJIE ARY TOHFATI, Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan
Disiplin Belajar Pada Siswa SMK Negeri 46 Jakarta Timur. Skripsi. Jakarta :
Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Jurusan Ekonomi dan Administrasi,
Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta, Juni 2011.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang
positif antara pola asuh orang tua dengan disiplin belajar siswa di SMK Negeri 46
Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan selama lima bulan terhitung dari sejak
bulan Februari 2011 sampai Juni 2011.
Metode penelitian yang digunakan adalah metodesurvei dengan pendekatan
korelasional. Populasi dari penelitian adalah siswa SMK Negeri 46 Jakarta Timur.
Populasi terjangkaunya adalah siswa Kelas X Pemasaran yang berjumlah 78
siswa. Dari jumlah populasi terjangkau tersebut dijadikan sampel sebanyak 65
orang. Teknik pengambilan sampeldalam penelitian ini adalah teknik acak
sederhana (simple random sampling).
Dari hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi linier sederhana Ŷ = 18,25
+ 0,79X. Uji persyaratan analisis untuk menguji normalitas galat taksiran regresi
Y atas X menunjukkan bahwa galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Hal ini
dibuktikan oleh perhitungan yang menunjukkan bahwa Lhitung (0,0960) < Ltabel
(0,1098) dengan menggunakan uji liliefors pada taraf signifikan (α) = 0,05. Dalam
uji hipotesis, uji keberartian dan kelinieran regresi menggunakan tabel Analisis
Varians (ANAVA). Dari hasil uji keberartian regresi diperoleh Fhitung(87,74)>
Ftabel (4,00) yang menyatakan regresi berarti. Dari uji liniearitas regresi diperoleh
Fhitung (1,45) < Ftabel (1,84) yang menunjukkan bahwa model regresi yang
digunakan linier.
Koefisien korelasi yang dihitung dengan menggunakanrumus Product
Moment menghasilkan rxy sebesar 0,763 sedangkan hasil dari uji signifikansi
diperoleh thitung sebesar 9,367 dan ttabel sebesar 1,67. Dikarenakan thitung > ttabel,
maka disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh
orang tua dengan disiplin belajar siswa di SMK Negeri 46 Jakarta Timur.
Perhitungan koefisien determinasi menunjukkan 0,5821 variasi variabel Y
ditentukan oleh variabel X.
Kesimpulan penelitian adalah terdapat hubungan yang positif antara pola asuh
orang tua dengan disiplin belajar siswa di SMK Negeri 46 Jakarta Timur. Hal
tersebut berarti semakin tepat dan baik pola asuh orang tua maka semakin tinggi
pula disiplin belajar yang terbentuk dalam diri siswa.